Rabu 29 Jan 2020 17:43 WIB

Fadjroel: Presiden tak Campuri Pencopotan Dirjen Imigrasi

Sepanjang itu menjadi hak dari kementerian hak Presiden tidak akan mencampuri

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Logo hitam Dirjen Imigrasi
Foto: Dok Dirjen Imigrasi
Logo hitam Dirjen Imigrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan mencampuri masalah pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny Sompie.

Kendati demikian, ia menyebut pencopotan Dirjen imigrasi yang merupakan buntut dari kesimpangsiuran informasi atas keberadaan politisi PDIP Harun Masiku ini mendapat perhatian dari Presiden Jokowi.

"Itu menjadi perhatian. Tapi sepanjang itu menjadi hak dari kementerian hak Presiden tidak akan mencampuri," ujar Fadjroel di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (29/1).

Menurut Fadjroel, Jokowi menyerahkan masalah ini kepada pihak terkait, baik KPK maupun Menteri Hukum dan HAM.

"Karena itu masuk masalah teknis dan Presiden tidak pernah mau mencampuri urusan yang teknis. Walupun beliau punya hak sebagai kepala pemerintahan," tambah dia.

Ia juga menyebut, masalah inipun telah disampaikan kepada Presiden dan telah dibahas baik dengan Mensesneg maupun dengan Seskab.

"Kita sudah menyampaikan dan Presiden tentu sudah membahas tentang hal tersebut juga misalnya dengan Mensesneg dan tentunya juga dengan Seskab, dan ada hal yang perlu disampaikan secara khusus," jelas dia.

Sementara itu, saat kunjungan kerja di Bandung, Rabu (29/1), Presiden Joko Widodo mengaku menyerahkan masalah ini kepada Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Itu tanyakan ke Menkumham," ujar Jokowi, Rabu (29/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement