Kamis 30 Jan 2020 07:41 WIB

Cut Mini Ditantang Berbahasa Minang di Saiyo Sakato

Cut Mini sudah beberapa kali ditantang untuk berbahasa daerah dalam film-filmnya.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Reiny Dwinanda
Cut Mini ditantang berbahasa Minang di serial komedi GoPlay
Foto: Eric Iskandarsjah/Republika
Cut Mini ditantang berbahasa Minang di serial komedi GoPlay "Saiyo Sakato".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai aktris, Cut Mini Theo sudah berulang kali terlibat dalam film yang menuntutnya menggunakan percakapan dalam bahasa daerah. Di proyek terbarunya, aktris berdarah Aceh itu ditantang berbahasa Minang.

Bagi Cut Mini, mempelajari bahasa daerah merupakan hal yang menantang. Agar dapat lebih cepat dalam meresap bahasa yang baru dikenalnya, ia pun memiliki teknik tersendiri yang dinilai cukup manjur.

Baca Juga

"Setiap percakapan dalam skenario selalu saya rekam," kata Cut Mini dalam konferensi pers dan press screening serial GoPlay Saiyo Sakato di Jakarta pada pekan lalu (24/1).

Dengan bantuan staf produksi, Cut Mini pun kemudian mendengarkan kembali setiap percakapan yang telah terekam. Dari situ, ia sekaligus melakukan evaluasi kesesuaian dialog berikut logatnya dengan pelafalan bahasa Minang.

Cara yang sama telah membuat Cut Mini piawai berbahasa Belitung di film Laskar Pelangi dan Athirah yang mengusung bahasa daerah dari Sulawesi. Menurutnya, ia membiasakan diri mendengarkan rekaman dialognya setiap hari.

"Dengan cara itu, saya dapat melakukan evaluasi sekaligus menghafalkan kosakata dalam bahasa daerah," ucapnya.

Dalam proses penggarapan serial Saiyo Sakato, Cut Mini merasa terbantu memahami bahasa Minang lewat interaksinya dengan beberapa kru film yang berdarah Minang. Tiap kali bertemu dengan kru tersebut, Cut Mini pun lebih memilih untuk berdialog dalam bahasa Minang.

Di Saiyo Sakato, Cut Mini menjadi Mar, istri dari Zul (Lukman Sardi). Sang suami dikisahkan mengelola sebuah rumah makan padang bernama Saiyo Sakato.

Kehidupan Mar dan bisnis yang telah stabil itu kacau setelah Zul mendadak meninggal. Keluarga dengan dua anak yang telah dewasa itu pun kian terguncang setelah mengetahui ternyata Zul diam-diam memiliki istri muda bernama Nita (Nirina Zubir).

Mar pun marah besar saat Nita tiba-tiba memperkenalkan diri dengan datang ke rumah makanya sembari membawa anak kecil hasil pernikahanya dengan Zul. Selain dihiasi dengan adu peran antara Cut Mini dan Nirina Zubir, serial komedi ini juga menghadirkanFergie Britney, Jourdy Pranata, Chicco Kurniawan, Gamaliel Eleazar, Dea Panendra, Indra Jegel, Chandra Satria, dan Upiak Isil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement