Jumat 31 Jan 2020 03:21 WIB

Stadion Purnawarman Direnovasi Lewat Bantuan Provinsi

Renovasi Stadion Purnawarman dialokasikan sebesar Rp 26 miliar.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah ponsel sedang menayangkan pertandingan sepak bola (ilustrasi)
Foto: Istimewa
Sebuah ponsel sedang menayangkan pertandingan sepak bola (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Stadion Purnawarman rencananya mulai direnovasi pada tahun 2020 ini. Renovasi Stadion kebanggaan warga Purwakarta yang kondisinya kurang layak tersebut dialokasikan melalui dana bantuan dari Pemprov Jawa Barat.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pihaknya sudah mengusulkan bantuan provinsi untuk renovasi besar Stadion Purwakarta sejak 2018 lalu. Rencananya bantuan ini bisa diberikan pada tahun ini.

“Saya usulkan karena itu ternyata nilainya cukup besar. Kalau diakomodasi di APBD nggak akan lolos karena kalau di atas 20 miliar (rupiah) itu tidak pernah mengandalkan APBD,” kata Anne di Kantor Pemkab Purwakarta, Kamis (30/1).

Anne mengakui kondisi stadion saat ini memang kurang optimal untuk digunakan. Ada beberapa sarana dan prasarana yang membutuhkan perbaikan total demi kenyamanan dan keamanan pengunjung dan penggunanya. 

Ia mengatakan rencana perbaikan Stadion Purnawarman ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Bahkan pada 2017, detail engineering design (DED) sudah dibuat. Namun besarnya anggaran yang dibutuhkan membuat pemerintah daerah mencari alternatif lainnya agar bisa terakomodir.

Menurutnya berdasarkan usulan yang diajukan, perbaikan Stadion Purnawarman ini dialokasikan sebesar Rp 26 miliar. Renovasi ini agar stadion kebanggaan Purwakarta bisa menjadi sport center yang mengakomodasi kebutuhan pengembangan berbagai cabang olahraga.

“Memang ini bagian dari penyelesaian pembanguan sport center yang sudah direncanakan sejak lima tahun lalu. Sport center juga belum semua selesai. Ada kolam renang, Indoor tenis, indoor basket sudah, bola voli sudah, skateboard sudah, lapangan tembak juga sedang direncanakan. Pokoknya ini akan mengakomodir banyak cabang olahraga,” ucap dia.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta Arif Budiman mengatakan rencana renovasi stadion memang sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun besarnya anggaran memang menjadi kendala pemerintah daerah.

Arif menuturkan Stadion Purwakarta memang membutuhkan rehab berat untuk mengoptimalkan fungsinya. Beberapa sarana harus diperbaiki dan ada penambahan fasilitas penunjang.

“Kalau rombak total bukan hanya untuk bagian tribun penonton kita harus rehab berat. Paling ada nambah track atletik, kemudian perbaikan bagian depan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement