Jumat 31 Jan 2020 04:48 WIB

Arkeolog Temukan Makam Prajurit Abad Pertengahan

Arkeolog menemukan senjata dan peralatan berkuda di dalam makam tersebut.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Makam laki-laki yang kemungkinan berprofesi sebagai prajurit. ilustrasi
Foto: Science in Poland
Makam laki-laki yang kemungkinan berprofesi sebagai prajurit. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, GDANSK—Empat kuburan abad ke-11 ditemukan di sebuah pemakaman di desa Cieple di Polandia utara. Slawomir Wadyl dari Museum Arekeologi di Gdansk mengatakan makam tersebut adalah makam laki-laki yang kemungkinan berprofesi sebagai prajurit.

“Sebagaimana dibuktikan oleh senjata dan peralatan berkuda yang disimpan bersama mayat-mayat,” ujar Wadyl pada Science in Polandia, seperti yang dilansir dari Fox News, Kamis (30/1).

Baca Juga

Dengan menganalisis sisa-sisa dan barang-barang yang dikuburkan, para ahli menemukan para pejuang itu berasal dari Skadinavia. Mendiang yang dikubur di bagian tengah pemakaman mewakili elit sosial saat itu, sebagaimana dibuktikan oleh struktural monumental kuburan dan perlatan mereka yang kaya.

“Mereka mungkin bagian milik sekelompok pengendara elit, namun peran mereka mungkin tidak terbatas pada fungsi prajurit,” katanya.

Pakar percaya orang-orang itu mungkin telah mengumpulkan pajak untuk penguasa Polandia setempat. Hal itu dibuktikan oleh timbangan dengan set bobot yang ditemukan di dua kuburan.

Penemuan abad pertengahan lainnya di Polandia telah mendapatkan perhatian baru-baru ini. Para ahli, misalnya, baru-baru ini menemukan bangkai kapal di Sungai Vistula yang mungkin berasal dari era abad pertengahan.

Kapal itu panjangannya 121 kaki dan lebarnya hampir 20 kaki. Menurut Science in Polandia, kapal itu dfitemukan di bentangan sungai di utara Warsawa.

Penemuan era Viking juga telah menarik perhatian di Laut Baltik di Skandinavia. Pemakaman kapal Viking ganda yang misterius, contohnya, baru-baru ini ditemukan di Norwegia. Dalam proyek lain, kuburan Swedia berisi kerangka prajurit Viking baru-baru ini dikonfirmasi sebagai perempuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement