Selasa 04 Feb 2020 05:45 WIB

Guru Indonesia di Jeddah Angkat Suara Soal Isu Jilbab

Isu jilbab disebutnya seperti air laut, kadang pasangnya naik dan kadang surut.

Rep: Muhyiddin/ Red: Andi Nur Aminah
Perempuan berhijab
Foto: The Daily Mail
Perempuan berhijab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri dan Kepala Sekolah Islam Indonesia di Jeddah, Elly Warti Maliki turut angkat bicara tentang isu jilbab yang kerap diperdebatkan oleh masyarakat Indonesia. Menurut dia, isu jilbab ini memang seperti air laut, kadang pasangnya naik dan kadang surut.

Lulusan Universitas Al Azhar Indonesia ini menjelaskan, dari yang mewajibkan cadar sampai yang membolehkan rok pendek sekarang semua mengaku berpedoman pada Alquran. Padahal, menurut dia, Alquran tidak sama dengan buku karangan manusia.

Baca Juga

"Alquran tidak sama dengan buku-buku karangan manusia. Alquran adalah kitab suci yang bersumber dari wahyu Ilahi. Untuk bisa memahami pesan yang terkandung di dalamnya, membacanya harus dilandasi keimanan," ujar Elly kepada Republika.co.id, Senin (3/2).

Selain itu, menurut dia, Alquran juga harus dibaca dalam kerangka karakteristik Islam itu sendiri, yang mana di antara karakteristik ajaran Islam adalah muruunah atau fleksibel dan wasathiyah atau moderat. Karena itu, menurut dia, fleksibelitas ajaran Islam memungkinkan jilbab dipakai dalam berbagai bentuk.

"Artinya jangan sampai pemakaian jilbab membuat orang sulit beraktifitas. Jika yang akan diikat terlalu kecil, maka karet tersebut akan lepas. Artinya jilbab minimalis tidak sesuai standar tuntunan agama," ucap guru asal Padang, Sumatra Barat ini.

Lebih lanjut, Elly menjelaskan, sulit untuk mengatakan bahwa memakai jilbab itu tidak wajib. Namun, menurut dia, perempuan lanjut usia yang sudah tidak punya hasrat seksual lagi, tidak berdosa jika tidak memakai jilbab. Dia mengutip surat An-Nur ayat 60 yang artinya:

"Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dengan demikian, lanjut dia, perempuan yang masih mempunyai hasrat seksual akan berdosa jika tidak memakai jilbab. "Artinya memakai jilbab itu hukumnya wajib," jelas Elly.

Sesuai dengan karakteristik ajaran Islam yang wasathiyah, tambah dia, jilbab juga harus moderat. Artinya, menurut dia, jilbab wasathy bukan yang panjangnya sampai di bawah lutut, sehingga pemakainya bisa menyembunyikan barang curian dari toko. Jilbab wasathy juga bukan pakaian yang memperlihatkan bagian-bagian aurat agar pemakainya diterima oleh kalangan tertentu.

"Jilbab wasathy adalah jilbab yang dapat menyatukan timur dan barat dalam kedamaian. Lebih dari itu jilbab wasathy seharusnya bisa menyatukan antara hati, fikiran dan prilaku pemakainya," kata Elly.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-A'raf ayat 27)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement