Selasa 04 Feb 2020 20:57 WIB

Tak Cukup Safari Politik, Fraksi Minta Komitmen Cawagub DKI

Beberapa fraksi di DPRD meminta komitmen cawagub DKI dalam memperbaiki Jakarta.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Demokrat, Misan Samsuri.
Foto: Citra Listya Rini/Republika
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Demokrat, Misan Samsuri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua calon wakil gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Irmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra mulai gencar melakukan safari politik ke Fraksi-Fraksi di DPRD DKI Jakarta. Namun beberapa fraksi menekankan tidak cukup safari politik, dibutuhkan komitmen memperbaiki Jakarta bersama Gubernur Anies Baswedan.

Penasihat Fraksi Partai Demokrat di DPRD DKI Jakarta Misan Samsuri mengatakan untuk Fraksi Demokrat, walaupun pencalonan itu hak partai pengusung, namun Demokrat sangat terbuka bagi kedua cawagub ini. Namun pada akhirnya, bagi dia, Demokrat adalah bagaimana pandangan cawagub apakah sinkron dengan langkah Gubernur DKI atau tidak.

Baca Juga

"Yang jelas visi misinya yang bisa membangun Jakarta dan bersinergi dengan Gubernur. Jadi seringnya safari politik bukan jaminan juga," kata Misan Samsuri kepada wartawan, Selasa (4/2).

Selain paham visi dan misi gubernur, menurut dia, cawagub juga harus memahami Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta. Dan yang tidak kalah penting, menurut dia, siapa cawagub yang dipilih dari Demokrat, yang bisa bekerjasama dengan Gubernur terpilih dan mendengarkan suara aspirasi Fraksi Demokrat dan konstituen pendukung Partai Demokrat di Jakarta.