Sabtu 08 Feb 2020 15:52 WIB

PDIP Segera Umumkan Calon Kepala Daerah Pilkada 2020

Semua balon kepala daerah yang masuk dalam penjaringan partai punya kesempatan sa

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Andi Nur Aminah
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan sepenuhnya keputusan calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hal tersebut juga berlaku bagi Medan dan Solo dimana keluarga Presiden Jokowi maju sebagai bakal calon kepala daerah.

"Kami akan putuskan dalam waktu dekat tapi itu adalah kewenangan dari Ibu Ketua Umum," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Sabtu (8/2).

Baca Juga

Hasto mengatakan, struktur kepengurusan partai hanya bertugas menyiapkan serta menyajikan peta politik kepada ketua umum. Kendati, dia memastikan bahwa demokrasi yang dibangun PDIP serta keputusan yang diambil Dewan Pengurus Pusat (DPP) akan berpaku pasa obyektifitas dan suara rakyat.

Artinya, dia mengatakan, semua bakal calon kepala daerah yang masuk dalam penjaringan partai memiliki kesempatan yang sama untuk diusung di kemudian hari. Dia mengatakan, berdasar pada demokrasi itu maka keputusan yang diambil ketua umum nantinya harus ditaati oleh seluruh kader dan anggota partai.