Rabu 12 Feb 2020 00:58 WIB

Mourinho tak Masukkan MU Pesaing 4 Besar Liga Inggris

Mourinho justru memasukkan Sheffield dan Wolves dalam daftar kandidat empat besar.

Red: Israr Itah
Jose Mourinho
Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jose Mourinho tidak menyebutkan Manchester United (MU) sebagai kandidat klub yang finis empat besar di Liga Inggris musim ini. Sebagai gantinya, pelatih asal Portugal tersebut memasukkan Sheffield United dan Wolverhampton Wanderers (Wolves) dalam daftar kandidatnya.

Mourinho, yang dipecat manajemen MU pada Desember 2018, tidak menyebut nama mantan timnya saat mengungkapkan daftar klub yang menurutnya akan merebutkan posisi keempat. Ia justru memuji Sheffield United dan Wolves.

Baca Juga

"Wolves dan Sheffield United sedang bersaing untuk empat besar. Mereka (para manajer) dapat mengatakan tidak, dan saya mengerti bila mereka mengatakan tidak, tetapi kenyataannya tidak demikian. Bukan hanya karena posisi mereka di klasemen, tetapi karena kekuatan dan kualitasnya," kata pelatih Spurs itu kepada Sky Sports pada Selasa (11/2).

Sheffield asuhan Chris Wilder saat ini menempati posisi lima, terpaut dua angka dari Chelsea di peringkat empat. Namun Chelsea punya satu pertandingan sisa lebih banyak.

Adapun Tottenham kini hanya tertinggal empat angka dari slot Liga Champions, setelah bangkit dari awal musim yang buruk hingga penunjukan Mourinho sebagai pelatih baru pada November.

Everton berada di urutan ketujuh, dengan Manchester United (8) dan Wolves (9) tetap tertinggal enam poin dari Chelsea setelah bermain imbang 0-0 di Old Trafford tepat sebelum liburan musim dingin. 

Mourinho mengatakan, Wolves dan Sheffield berada dalam situasi di mana mereka seharusnya lebih dari bahagia, tetapi kenyataannya tidak. Wolves, kata dia, membeli pemain penting Daniel Podence senilai Rp 300 miliar untuk mencoba memperbaiki situasi mereka saat ini.

"Sheffield membeli pemain penting (Sander Berge senilai Rp 389 miliar), mereka memecahkan rekor mereka di bursa transfer untuk mencoba meningkatkan tim mereka," ujarnya. 

Arsenal kemungkinan besar tidak akan finis empat besar keempat, setelah turun ke urutan ke-10 di klasemen setelah 25 pertandingan, tetapi Mourinho menolak untuk melupakan The Gunners sepenuhnya. Namun, Mourinho sama sekali tak menyebutkan nama Setan Merah yang pernah diasuhnya.

"Jadi ini bukan hanya tentang Tottenham, Arsenal, Chelsea dan Everton. Ini bukan hanya tentang kami. Ini juga tentang dua klub yang harus saya akui fantastis," kata dia.

Tottenham akan kembali beraksi pada akhir pekan saat mereka bertandang ke Aston Villa. Sementara United dan Chelsea akan berhadapan di Stamford Bridge sehari kemudian.

Setelah itu Mourinho akan mulai mempersiapkan para pemainnya untuk pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions melawan RB Leipzig pada Kamis pekan depan.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement