Ahad 16 Feb 2020 18:53 WIB

Hong Kong akan Evakuasi Warganya dari Kapal Diamond Princess

Sebanyak 330 orang akan dievakuasi dan menjalani karantina setiba di Hong Kong.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolanda
Kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama untuk mengisi perbekalan di Yokohama, Jepang, Kamis (6/2).  Petugas kesehatan mengkonfirmasi 10 kasus baru positif virus corona selain temuan 10 kasus Rabu kemarin. Hong Kong dan Kanada akan mengevakuasi warga mereka yang berada di kapal pesiar tersebut setelah masa karantina berakhir.
Foto: Eugene Hoshiko/AP Photo
Kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama untuk mengisi perbekalan di Yokohama, Jepang, Kamis (6/2). Petugas kesehatan mengkonfirmasi 10 kasus baru positif virus corona selain temuan 10 kasus Rabu kemarin. Hong Kong dan Kanada akan mengevakuasi warga mereka yang berada di kapal pesiar tersebut setelah masa karantina berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- emerintah Hong Kong akan mengirim pesawat ke Jepang untuk membawa kembali penumpang berwarga negara Hong Kong dari kapal pesiar yang dikarantina tersebut. Hal ini seperti yang dilakukan pemerintah Kanada untuk mengevakuasi warganya yang juga berada di kapal tersebut.

"Penerbangan charter akan mengembalikan penduduk Hong Kong ke kota secara gratis setelah pihak berwenang Jepang mengkonfirmasi rencana tersebut," kata Biro Keamanan Hong Kong dalam sebuah pernyataan, Sabtu (15/2) malam waktu setempat.

Baca Juga

Biro tersebut mengatakan, para penumpang akan diminta menjalani 14 hari karantina setelah tiba di Hong Kong. 

Kapal pesiar milik Carnival Corp membawa 3.700 penumpang dan awak kapal. Kapal itu telah dikarantina di Yokohama sejak 3 Febaruari setelah seorang pria yang turun di Hong Kong sebelum ke Jepang, didiagnosisi terpapar virus corona baru.