Senin 17 Feb 2020 18:29 WIB

Yogyakarta Pastikan tak Ada Pasar Tergenang Saat Hujan

Disperindag meminta seluruh lurah pasar Yogyakarta mengecek saluran air.

Red: Ani Nursalikah
Yogyakarta Pastikan tak Ada Pasar Tergenang Saat Hujan. Suasana Pasar Beringharjo.
Foto: Republika/ Wihdan
Yogyakarta Pastikan tak Ada Pasar Tergenang Saat Hujan. Suasana Pasar Beringharjo.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta akan memastikan munculnya genangan air di dalam Pasar Beringharjo saat hujan lebat akhir pekan lalu tidak terulang, bahkan tidak lagi terjadi di seluruh pasar tradisional.

“Kami cek semuanya untuk memastikan kejadian ini tidak terulang. Tidak boleh lagi terulang,” kata Kepala Disperindag Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono, Senin (17/2).

Baca Juga

Salah satu upaya memastikan agar kejadian tersebut tidak terulang, Disperindag Kota Yogyakarta meminta seluruh lurah pasar kembali mengecek saluran air yang ada di lingkungan dan di sekitar pasar. Selain dipicu oleh curah hujan yang sangat lebat, Yunianto mengatakan, genangan di Pasar Beringharjo juga disebabkan saluran air hujan yang tidak berfungsi optimal karena ada endapan yang belum dibersihkan.

“Saluran air hujan yang ada di lingkungan Pasar Beringharjo segera dibersihkan. Namun, untuk saluran air hujan yang ada di wilayah sekitar pasar perlu koordinasi dengan instansi terkait,” katanya.