Rabu 19 Feb 2020 14:56 WIB

Novel Eka Kurniawan Diangkat ke Layar Lebar

Novel karya Eka 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas' akan jadi film kompleks.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Produser film
Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Produser film

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Novel karya Eka Kurniawan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas diangkat ke layar lebar. Hal ini diumumkan Palari Films dalam kick off film yang akan dibuat dengan judul yang sama.

Film yang akan digarap sutradara Edwin ini disebut-sebut akan menjadi film yang kompleks. Pasalnya, butuh kesiapakan ekstra dari para sineas untuk merangkai novel menjadi film.

Baca Juga

“Ini salah satunya akan jadi film kompleks. Kita butuh kesiapan yang ekstra, dalam arti karena kompleksitasnya dari sisi cerita,” kata Meiske Taurisia selaku salah satu produser dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Selasa (18/2).

Meiske mengatakan, penulisan naskah dilakukan Eka Kurniawan dan Edwin secara bergantian. Selain kompleksitas dari sisi konten, tim produksi melihat film tersebut berpotensi tayang hingga ke tingkat internasional. Tak heran bila tim mempersiapkan finansial yang juga 'ekstra'.

Meiske memaparkan, rencana pembuatan film sudah dilakukan sejak tiga tahun silam. Edwin dan Eka kerap bertemu memaparkan hasil riset terkait film. Hingga akhirnya diputuskan, proses pembuatan film akan dilakukan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

“Setelah cari lokasi sejak tiga tahun lalu kita pilih Kabupaten Rembang. Kita sama-sama tak familiar dengan daerahnya, Rembang punya wilayah yang kaya untuk dieksplorasi,” ujar Meiske.

Seperti diketahui, novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas adalah buku ketiga Eka Kurniawan yang pertama kali terbit pada 2014. Nantinya, film akan mengangkat genre drama, romansa, dan laga yang bercerita tentang Ajo Kawir, jagoan yang tak takut mati.

Hasratnya yang tak terpendam untuk berkelahi, ternyata didorong oleh rahasia dirinya yang impotensi. Ketika bertemu seorang petarung bernala Iteung, jagoan perempuan yang tangguh, Ajo dibuat babak belur sekaligus bahagia.

Sebab, Ajo jatuh cinta pada Iteung. Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berlatar suasana Indonesia pada 80-an hingga awal 90-an, mengupas maskulinitas dan relasi kekuasaan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ اللّٰهُ وَعْدَهٗٓ اِذْ تَحُسُّوْنَهُمْ بِاِذْنِهٖ ۚ حَتّٰىٓ اِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَازَعْتُمْ فِى الْاَمْرِ وَعَصَيْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَآ اَرٰىكُمْ مَّا تُحِبُّوْنَ ۗ مِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الْاٰخِرَةَ ۚ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ ۚ وَلَقَدْ عَفَا عَنْكُمْ ۗ وَاللّٰهُ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ
Dan sungguh, Allah telah memenuhi janji-Nya kepadamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mengabaikan perintah Rasul setelah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada (pula) orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk mengujimu, tetapi Dia benar-benar telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang diberikan) kepada orang-orang mukmin.

(QS. Ali 'Imran ayat 152)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement