Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

Friday, 4 Rabiul Awwal 1444 / 30 September 2022

 

4 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ulama Pakistan: Vaksinasi Polio Halal

Jumat 21 Feb 2020 03:23 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Ulama Pakistan: Vaksinasi Polio Halal. Foto: Vaksinasi polio.

Ulama Pakistan: Vaksinasi Polio Halal. Foto: Vaksinasi polio.

Foto: Reuters/Sara Farid
Ulama pakistan mendorong masyarakat menyukseskan penyakit polio.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD--Sejumlah pemimpin agama Pakistan mengatakan bahwa vaksinasi polio ini tidak bertentangan dengan syariah. Untuk itu para ulama Pakistan mendorong masyarakat ikut menyukseskan pemberantas penyakit polio di seluruh negara.

 

Pakistan mencatat pada tahun 2019 ada 144 kasus polio. Dengan adanya kasus ini Pakistan meluncurkan kampanye anti-polio besar-besaran, pada Senin (17/2) yang sekaligus melakukan vaksinasi terhadap 39,6 juta anak berusia di bawah lima tahun. Seperti diketahui, Pakistan telah berjuang melawan polio sejak 1994.

Baca Juga

Akan tetapi, berbagai upaya memberantas penyakit yang melumpuhkan ini telah terhambat oleh tim peneliti yang mengatakan bahwa vaksinasi menyebabkan ketidaksuburan atau mengganggu sistem reproduksi pada manusia yang menggunakan vaksin polio.

"Pakistan Ulama Council, Darul Afta Pakistan, Wafaq-ul-Masajid, madaris Pakistan dan ulama terkemuka dan masyaikh telah memberitakan tentang pemberantasan polio tidak hanya halal namun juga bermanfaat bagi manusia dan ketetapan-dekret yang telah diterbitkan bahwa tidak ada bahaya atau haram dalam pemberantasan polio," Kata Dewan Ulama Pakistan Tahir Ashrafi, dikutip India Today, Jumat (21/2).

Ashrafi mengatakan, selama konferensi pers pada Rabu, (19/2), pihaknya telah meminta para ulama dan ilmuwan untuk terus membuat anti-polio. Pesan tentang pentingnya vaksi polio ini harus disampaikan dalam setiap khutbah Jumat. Karena kata polio telah diberantas dari semua negara di dunia, kecuali Afghanistan dan Pakistan.

"Kami perlu memahami bahwa para ulama senior dan ulama dari seluruh dunia Islam telah mengeluarkan keputusan bahwa tidak ada yang anti-syariah dalam vaksin polio," katanya.

Ketika mengomentari meningkatnya kasus polio di Pakistan, dia mengatakan bahwa hal ini menunjukkan ketidakmampuan dan kegagalan pelayanan kesehatan. Untuk itu, dia meminta kepada setiap orang tua yang memiliki anak-anak di bawah lima tahun untuk harus divaksin

Perdana menteri Imran Khan pada bulan Desember lalu, mengatakan bahwa itu abai terhadap penyakit polio itu merupakan masalah malu Pakistan dan juga termasuk di antara negara-negara di mana polio di mana polio telah merenggut hampir 70 nyawa sejak Desember 2012.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile