Ahad 23 Feb 2020 22:05 WIB

BMKG: Kalimantan tidak Sepenuhnya Aman dari Gempa Bumi

BMKG mencatat Kalimantan juga pernah dilanda gempa dengan kekuatan merusak.

Red: Reiny Dwinanda
Gempa (Ilustrasi). BMKG mencatat Kalimantan juga pernah dilanda gempa dengan kekuatan merusak.
Foto: Reuters
Gempa (Ilustrasi). BMKG mencatat Kalimantan juga pernah dilanda gempa dengan kekuatan merusak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, Pulau Kalimantan tidak sepenuhnya aman dari gempa bumi. Berdasarkan catatan BMKG, gempa merusak juga pernah terjadi di Provinsi Kalimantan Barat.

"Gempa Kendawangan Kalimantan Barat terjadi 24 Juni 2016. Gempa dangkal berkekuatan magnitudo 5,1 menyebabkan beberapa rumah rusak di daerah sana," ujar Daryono kata dia di Jakarta, Ahad.

Baca Juga

Sebelumnya, BMKG mencatat wilayah Kecamatan Ketungau Hilir, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat diguncang gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,5 pada Sabtu (22/2), pukul 22.36.59 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa lokasi episenter gempa terletak pada koordinat 0,58 Lintang Utara dan 111,33 Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer.

Salah seorang warga Dusun Sepan Kebantan, Desa Sungai Deras, Kecamatan Ketungau Hilir melaporkan telah merasakan adanya guncangan gempa sekitar pukul 22.36 WIB. Warga yang belum tidur saat itu sempat panik dan berupaya membangunkan anggota keluarga lainnya untuk segera keluar rumah.