Senin 24 Feb 2020 05:00 WIB

Parasite Dituding Jiplak Film India

Parasite dituding menjiplak film asal India berjudul Minsara Kanna

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Christiyaningsih
Film Parasite dituding menjiplak film asal India berjudul Minsara Kanna. Ilustrasi.
Foto: ptanime.com
Film Parasite dituding menjiplak film asal India berjudul Minsara Kanna. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peraih piala Best Picture dalam ajang Academy Award, Parasite, dituding menjiplak film asal India berjudul Minsara Kanna. Hal itu diungkapkan oleh PL Thenappan yang merupakan produser dari film tersebut.

"Film Korea Selatan Parasite dan saya merasa bahwa mereka telah mencuri inti film dari Minsara Kanna," ujar Thenappan dilansir dari India Today.

Baca Juga

Minsara Kanna adalah film bergenre komedi romantis yang dirilis pada 1999. Film itu disutradarai oleh KS Ravikumar dan diproduksi bersama oleh KR Gangadharan.

Film ini menceritakan seorang pria muda yang jatuh cinta dengan wanita dari keluarga kaya. Ia pun menyembunyikan identitasnya dan memasuki rumahnya dengan bekerja sebagai pengawal.

Meski begitu, Thenappan tak menjelaskan secara detail bagian mana dari filmnya yang dijiplak oleh sutradara Parasite, Bong Joo Ho. Namun ia mengaku berniat untuk mengambil langkah hukum terkait hal ini.

"Ketika mereka mengetahui bahwa beberapa film kami terinspirasi oleh film mereka, mereka mengajukan gugatan. Sama halnya, itu adil bagi kami untuk melakukan hal yang sama," ujar Thenappan.

Parasite menceritakan tentang sebuah keluarga miskin yang terdiri dari empat orang pengangguran. Mereka tinggal di sebuah rumah susun kumuh di lantai bawah tanah. Keluarga itu menyusup ke salah satu keluarga kaya yang menghuni rumah mewah rancangan arsitek kenamaan.

Parasite menjadi film Korea Selatan pertama yang menang dalam kategori film internasional dan film berbahasa asing pertama yang memenangkan film terbaik. Kemenangan ini mencatat sejarah sebagai film Asia pertama non bahasa Inggris yang mendapat Oscar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement