Senin 02 Mar 2020 16:19 WIB

Virus Corona, Walkot Bandung Ajak Warga Lebih Dekat ke Allah

Pemkot Bandung akan membentuk tim pencegahan penyebaran virus Corona.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sejumlah petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Ahad (1/3/2020).
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Sejumlah petugas mengenakan pakaian pelindung lengkap saat bersiap menyambut kedatangan kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Ahad (1/3/2020).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG- Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengajak masyarakat Bandung untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT terkait wabah virus corona atau Covid-19 yang sudah menyebar ke Depok, Indonesia. Diketahui dua orang warga Depok telah dinyatakan positif terkena penyakit virus korona atau covid 19, Senin (2/3). 

"Saya mengimbau kepada warga Bandung mari kita sikapi dengan logika ilahiyyah, cing darekeut ka Allah (mendekatkan diri kepada Allah)," ujarnya di Balai Kota Bandung, Senin (2/3). 

Ia mengungkapkan, virus Corona merupakan penyakit yang Tuhan turunkan kepada manusia. Oleh karena itu, menurutnya penyikapan terhadap masalah tersebut tidak hanya bisa dilakukan dengan logika insanniyyah namun harus dengan logika ilahiyyah. 

"Satu hal yang saya sampaikan, punteun (maaf) korona ini penyakit atau masalah yang Tuhan turunkan kepada manusia. Kita tidak bisa hanya menyikapi dengan logika insanniyyah," katanya.

Oded mengatakan jika Tuhan sudah menurunkan penyakit maka teknologi apapun belum tentu bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Namun menurutnya yang paling penting adalah meminta kepada Allah SWT yang memiliki kuasa atas segalanya. 

"Kalau insyanniyyah siapa sih manusia, teknologi apa pun kalau sudah dikasih penyakit yang Allah turunkan, mau apa?  Kita harus meminta kepada Allah zat  yang maha kuasa. Intinya kita harus selalu mendekatkan diri kepada Allah," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan membentuk tim pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid 19 menyusul adanya dua warga Depok yang dinyatakan positif terkena penyakit tersebut. Tim tersebut akan berisi seluruh instansi terkait termasuk pihak kepolisian dan TNI untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus Corona.

"Pertama saya mengimbau warga Kota Bandung kita harus hati-hati, karena penyebaran virus Corona sudah masuk ke Jawa Barat. Di Depok sudah ada yang terjangkit. Kedua saya minta bikin tim untuk mengatasi penyebaran virus Corona," ujarnya. 

Ia mengungkapkan, antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Corona tidak bisa dilakukan hanya oleh Pemkot Bandung. Namun katanya harus dilakukan bersama-sama instansi terkait termasuk dengan aparat kepolisian dan anggota TNI.

"Kalau sudah ada (tim), yang pertama saya harus berkoordinasi dengan mereka nanti kita akan membuat langkah-langkahnya seperti apa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement