Senin 02 Mar 2020 17:52 WIB

Bukan Tanggul Jebol, tapi Aspal Jalanan Terangkat

Jalanan itu rusak atau terangkat akibat air dari Kali Cipinang yang meluap dari bawah

Rep: Flori Sidebang / Red: Agus Yulianto
Kondisi jalanan rusak di RT 006 RW 03, Jalan H Marda, Gang Cempaka Satu, Lembah Pasir, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (2/3).
Foto: Republika/Flori Sidebang
Kondisi jalanan rusak di RT 006 RW 03, Jalan H Marda, Gang Cempaka Satu, Lembah Pasir, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pengemudi kendaraan bermotor diimbau untuk sementara waktu tidak melintas pada ruas jalan di RT 006 RW 03, Jalan H Marda, Gang Cempaka Satu, Lembah Pasir, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Pasalnya, jalanan itu rusak atau terangkat akibat air dari Kali Cipinang yang meluap dari bawah. 

"Aspal jalanan itu terangkat dan retak," kata Ketua RT 006 RW 03, Sumarsono. 

Jalanan itu rusak atau terangkat akibat air dari Kali Cipinang yang meluap dari bawah. Sehingga aspal jalanan itu terangkat dan retak. "Klarifikasi ya, bukan tanggul yang jebol, tapi jalanan yang jebol, prosesnya melalui bawah. Keangkat gitu ya, makanya ini membahayakan warga yang melintas," kata Sumarsono saat ditemui Republika di lokasi, Senin (2/3).

Sumarsono menuturkan, akibat insiden itu, rumah-rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air yang bervariasi. Rumah warga yang terletak persis di depan aliran kali dengan jarak sekitar lima meter terendam banjir dengan ketinggian hampir 50 sentimeter.