Senin 02 Mar 2020 18:50 WIB

Cegah Corona dengan Cuci Tangan, ACT Siap Distribusikan Air

ACT juga akan mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah krisis air bersih.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah
Pendistribusikan air bersih untuk warga (ilusrasi)
Foto: rumah zakat
Pendistribusikan air bersih untuk warga (ilusrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) merespons pengumuman Presiden Joko Widodo yang menyebut dua warga Indonesia positif virus corona. Selain membagikan masker dan hand sanitizer yang sudah dilakukan sejak virus itu menyebar, ACT juga akan mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah krisis air bersih.

“Virus ini kan juga berasal dari sesuatu yang kotor, jadi kami ingin mengajak khususnya umat Muslim untuk rajin berwudhu agar selalu terjaga kebersihan. Untuk itu, di wilayah krisis air bersih akan kami distribusikan wakaf air dari kami,” ucap Direktur Komunikasi ACT Lukman Hakim kepada Republika.co.id, Senin (2/3).

Baca Juga

Sejak beberapa bulan lalu hingga hari ini, ACT masih terus menjalankan kegiatan bagi-bagi masker gratis di sejumlah wilayah dengan titik keramaian yang padat. Seperti di stasiun, terminal, mall, atau perkantoran, dan ke depannya masih akan terus dijalankan oleh ACT.

ACT juga membantu distribusi masker ke negara-negara yang memiliki pasien terbanyak virus corona, seperti Hong Kong, Korea Selatan, dan lainnya. “Masyarakat harus selalu gunakan masker jika akan berada di tempat ramai, selalu cuci tangan, dan jangan panik sehingga bisa selalu waspada,” kata Lukman.