Rabu 04 Mar 2020 12:18 WIB

PSSI Tunggu Arahan Pemerintah Terkait Antisipasi Virus Corona

LIga 1 2020 baru berjalan dan timnas Indonesia akan berangkat ke Thailand untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2020.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.
Foto: Antara/Galih Pradipta
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan masih menunggu arahan dari pemerintah terkait antisipasi penyebaran virus corona (covid-19) pada kompetisi sepak bola Tanah Air. Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 baru berjalan satu pekan sejak kick off pada 29 Februari lalu.

Selain itu, di ajang internasional tim nasional Indonesia akan melakoni laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia zona Asia melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, 26 Maret mendatang. Iwan mengatakan sejauh ini belum ada instruksi dari pemerintah terkait hal tersebut.

Baca Juga

"Kami menunggu dari pemerintah berkaitan dengan tim kami yang bakal berangkat ke Thailand," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu di Stadion Pekansari, Bogor, Selasa (3/3).

"Kalau pemerintah melarang kami berangkat, akan kami ikuti, tentunya ini juga tidak masalah dengan kegiatan dan aturan baik dari FIFA, AFF, dan AFC. Sehingga kami menunggunya," tambah Iwan.

Pada Senin (2/3), Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa dua warga Depok, Jawa Barat, positif menderita penyakit pernapasan akibat virus corona. Itu menjadi kasus corona pertama di Tanah Air setelah virus tersebut mulai menginfeksi orang-orang di Wuhan, China, pada Desember 2019.

Di belahan dunia lain, virus corona membuat pertandingan sepak bola ditunda atau tetap berlangsung meski tanpa penonton. Di negara tetangga, Vietnam, wabah corona membuat mereka harus menggelar laga perdana liga tanpa penonton.

Adapun China, Korea Selatan dan Jepang menunda semua pertandingan di liga. Sementara di Italia, mengundur beberapa jadwal pertandingan. Iwan mengatakan, PSSI belum bisa mengatakan langkah yang akan diambil menanggapi virus Corona.

"Tidak bisa bicara itu karena pemerintah belum memberikan peringatan kepada kami atau ketentuan khusus. Kami sudah komunikasi dengan Kemenpora. Menpora juga akan bersurat ke Menkes bagaimana langkah kita selanjutnya terkait corona," jelas Iwan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement