Kamis 05 Mar 2020 20:29 WIB

Cegah Corona, Transjakarta Sedia Masker Bagi Penumpang Sakit

PT Transjakarta juga meningkatkan kesadaran penumpang soal corona melalui poster.

Red: Ratna Puspita
Plt Dirut TransJakarta Yoga Adiwinarto
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Plt Dirut TransJakarta Yoga Adiwinarto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) tidak hanya menyediakan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di 80 halte. PT Transjakarta juga menyediakan masker bagi pelanggan yang sakit untuk mencegah tersebarnya virus corona (Covid-19).

"Masker juga kami sediakan untuk pegawai, termasuk pelanggan kami yang sakit. Jadi tidak kami bagi- bagikan kepada semua orang. Tapi kalau ada pelanggan yang sakit silahkan digunakan fasilitas yang kami sediakan," kata (Plt) Direktur Utama TransJakarta, Yoga Adiwinata saat ditemui di kantornyadi Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (5/3).

Baca Juga

Selain masker, upaya pencegahan corona yang dilakukan TransJakarta adalah menambahkan media penyebaran informasi berupa poster dan stiker di halte dan busnya mengenai informasi terkait virus itu. "Untuk awareness, kita pasang poster. Contohnya poster-poster terkait virus flu dan virus corona bedanya seperti apa, itu kami lakukan kita pasang poster ataupun stiker di bus maupun di halte," ujar Yoga.

Untuk melengkapi kebersihan dan keamanan bagi para penumpangnya, Yoga mengatakan, TransJakarta melakukan langkah mitigasi berupa pembersihan armadanya menggunakan cairan disinfektan yang ampuh membunuh kuman. "Kami sadar bus itu kan ada handgrip, halte, pegangan pintu itu memang cukup berpotensi sebagai agenatau medium penyebaran virus. Nah jadi tiap malam bus-bus kami, kami bersihkan dengan cairan disinfektan," ujar Yoga.

Langkah-langkah tersebut, menurut Yoga, ternyata sudah disiapkan bahkan sebelum corona dinyatakan positif menginfeksi dua pasien di Indonesia. Menurut Yoga, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menginstruksikan para penyedia jasa layanan transportasi umum untuk menyiapkan mitigasi atau langkah-langkah pencegahan terhadap virus corona yang merebak dari daratan tirai bambu itu.

"Jadi memang ketika sudah ada langkah- langkah mitigasi, yang harus dilakukan pertama kami membagikan dan menyediakan hand sanitizer di halte untuk pelanggan kami," kata Yoga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement