Kamis 05 Mar 2020 23:49 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gorontalo Berangkatkan Satu Pegawai Umroh Tanah Suci

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO— Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi hadiah umroh kepada Suryono Nour, seorang pegawai negeri sipil (PNS) golongan I di lingkungan Pemprov Gorontalo.

Suryono menerima hadiah itu saat kenaikan pangkat dari golongan I B menjadi I C untuk periode April 2020. Ia satu-satunya pegawai berpangkat paling rendah yang mendapat promosi.

“Masih ada golongan I di pemprov? Bapak mau umroh? Karo Humas tolong daftarkan dia untuk umroh,” kata Rusli saat kenaikan pangkat PNS, Kamis (5/3).

Rusli menyebut bapak empat orang anak itu harus menjadi contoh bagi semua pegawai, yang tetap tekun bekerja meskipun berpangkat rendah.

“Coba mana golongan IV di sini? Berapa gaji dan TKD kalian? 10 juta ada kan? Ini harus jadi contoh bahwa hidup itu tidak harus kaya, intinya bahagia. Jangan lupa juga keluarkan zakat,” katanya.

Suryono sendiri mengaku sangat bersyukur dan bahagia. Ia tidak menyangka di momen kenaikan pangkat ia mendapat bonus umroh dari gubernur.

Suryono berkisah, ia menjadi PNS sejak 2008, saat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) masih ada di Kabupaten Gorontalo. Sebelum itu, ia pegawai honorer di instansi yang sama.“Saya memulai karier dari sopir pak. Alhamdulillah setelah lima tahun jadi honorer saya jadi PNS 2008. Sekarang karena DLHK sudah disatukan di provinsi, saya bisa bekerja di DLHK provinsi,” ungkapnya..

Saat ini Suryono sedang mengikuti program paket C agar bisa mengantongi ijazah SMA. Modal itu yang akan digunakan untuk bisa naik pangkat menjadi golongan IIa. Sebanyak 421 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Gorontalo menerima SK kenaikan pangkat periode April 2020.