Ahad 08 Mar 2020 17:54 WIB

Ikadi: Islam Wasathiyah Sesuai Alquran dan As-Sunah

Para dai juga harus menjauhi masalah khilafiyah dan Sara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Agus Yulianto
Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) menyelenggarakan Rakornas 2020.
Foto: Umar Mukhtar
Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) menyelenggarakan Rakornas 2020.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2020 menyampaikan bahwa Islam wasathiyah atau moderat sesuai Alquran dan As-Sunah. Islam wasathiyah yang Rahmatan lil alamin ini perlu disampaikan oleh para dai kepada masyarakat luas.

Ketua Umum Ikadi, Prof KH Ahmad Satori Ismail menjelaskan, Islam wasathiyah adalah Islam yang sesuai dengan Alquran dan As-Sunah serta mengikuti akidah ahli sunah waljamaah dalam melaksanakan ibadahnya. Islam wasathiyah juga jauh dari sikap ekstrem, radikal dan sekuler.

"Islam wasathiyah akidahnya moderat, ibadahnya moderat, fikihnya moderat, memahami hadis secara moderat, sehingga Islam menjadi Rahmatan lil alamin, bukan menjadi beban bagi semesta," kata KH Satori kepada Republika di sela-sela Rakornas Ikadi 2020 di Hotel Grand Cempaka, Ahad (8/3).

Ia mengatakan, para dai perlu usaha dan perjuangan untuk menyampaikan Islam Rahmatan lil alamin kepada masyarakat luas. Supaya pemikiran radikal tidak merasuki masyarakat. Karenanya sangat ditekankan para dai menyampaikan ajaran Islam sesuai yang diajarkan Rasulullah SAW.