Senin 09 Mar 2020 11:11 WIB

Saudi Karantina Qatif, Empat Kasus Baru Corona Terdeteksi

Kegiatan sekolah dan kampus di Saudi ditangguhkan akibat wabah virus corona.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona (Covid-19), ilustrasi
Foto: Republika/Abdan Syakura
Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus Corona (Covid-19), ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH - Arab Saudi memberlakukan karantina sementara di Provinsi Qatif serta menangguhkan semua kegiatan sekolah dan kampus di seluruh negeri. Hal itu disebabkan karena adanya empat kasus baru virus corona atau Covid-19 di wilayah tersebut, sehingga total kasus di seluruh Saudi menjadi 11 orang.

"Pekerjaan di semua lembaga publik dan swasta dihentikan sebagai tindakan pencegahan penyebaran penyakit, dengan pengecualian fasilitas vital yang menyediakan layanan keamanan dan ketentuan yang diperlukan," kata sebuah pernyataan kementerian dalam negeri Saudi.

Baca Juga

Seorang warga mengatakan, pembatas berupa blok semen ditempatkan di jalan utama ke Qatif. Penduduk lain melaporkan, banyak orang bergegas ke toko-toko kelontong di Qatif setelah karantina dimulai.

Kementerian dalam negeri Saudi mengatakan, pihaknya menunda pergerakan masuk dan keluar Qatif sambil memastikan penduduk yang kembali dapat mencapai rumah masing-masing. Pemerintah menegaskan pasokan komersial ke provinsi itu masih berlanjut.