Rabu 11 Mar 2020 14:01 WIB

Joe Biden dan Bernie Sanders Batalkan Agenda Kampanye

Pembatalkan kampanye Joe Biden dan Bernie Sanders akibat virus corona.

Red: Nur Aini
Bernie Sanders
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Bernie Sanders

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dua kandidat calon presiden Partai Demokrat, Joe Biden dan Bernie Sanders membatalkan agenda kampanye jelang pemilihan awal (preliminary election), Selasa (10/3), demi menekan penyebaran jenis baru virus corona (Covid-19).

Tidak hanya batal kampanye, sesi debat dua kandidat juga tidak akan dihadiri penonton atau pendukung dari dua kubu. Untuk pertama kalinya, kampanye di Amerika Serikat dibatalkan karena wabah. Kampanye dua kandidat mulanya dijadwalkan berlangsung di Cleveland, Ohio.

Baca Juga

Negara bagian Ohio, Florida, Illnois dan Arizona akan menggelar pemilihan awal pada minggu depan. Pemilihan itu akan menentukan calon presiden dari Partai Demokrat yang bakal bertarung melawan petahana Partai Republik, Presiden Donald Trump, pada pemilihan presiden, November.

Sementara itu, enam negara bagian yang menggelar pemilihan awal pada Selasa, di antaranya Michigan dan Washington. Pemilihan kandidat capres dari Partai Demokrat mengerucut pada dua tokoh, yaitu mantan wakil presiden yang dinilai moderat, Joe Biden; dan Bernie Sanders, senator asal Vermont yang menyebut dirinya berpaham demokratis sosialis.