Kamis 12 Mar 2020 14:47 WIB

Pemerintah AS Dikritik atas Penanganan Virus Corona

AS dinilai salah mengambil langkah awal menghadapi wabah virus corona.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
(Ilustrasi) Petugas Kesehatan di Rumah Sakit merawat pasien yang diduga terpapar virus corona, ilustrasi
Foto: The Central Hospital of Wuhan via Weibo/Hando
(Ilustrasi) Petugas Kesehatan di Rumah Sakit merawat pasien yang diduga terpapar virus corona, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendapat kritik secara luas karena dianggap telah salah dalam mengambil langkah awal menghadapi wabah virus corona jenis baru di negara itu. Penanganan untuk mengendalikan penyebaran juga dinilai lamban, membuat virus terus menyebar, bahkan tidak terdeteksi di Negeri Paman Sam. 

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada Senin (9/3) lalu mengatakan terbatasnya jumlah orang yang diperiksa terkait virus ini, serta masalah dengan peralatan pengujian telah memperlambat perjuangan AS menghadapi Covid-19. Pada tahap awal, virus corona jenis baru telah menyebar melampaui kemampuan negara itu untuk menangani wabah. 

Baca Juga

“Pada tahap awal, Covid-19 telah menyebar melampaui kemampuan  bangsa untuk mendeteksinya,” tulis tim pakar dari Universitas Stanford, dilansir New Zealand Herald, Kamis (12/3). 

Menurut tim pakar mengatakan laboratorium di negara itu juga mengalami kesulitan memverifikasi hasil pemeriksaan kesehatan. Hal itu mengacu kepada seorang perempuan yang terinfeksi virus corona jenis baru di Kalifornia dan menolak tes kesehatan, karena merasa dirinya tidak pernah melakukan perjalanan ke China, negara di mana Covid-19 pertama kali ditemukan pada Desember 2019.