Kamis 12 Mar 2020 17:17 WIB

Tanggapan Pengguna Soal Potensi Penyebaran Corona di KRL

Sebuah foto soal potensi penyebaran corona di KRL Jakarta-Depok-Bogor viral.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Ratna Puspita
Sejumlah petugas menyosialisasikan tips mengantisipasi virus corona di Stasiun Depok, Depok, Jawa Barat. (Republika/Putra M. Akbar)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah petugas menyosialisasikan tips mengantisipasi virus corona di Stasiun Depok, Depok, Jawa Barat. (Republika/Putra M. Akbar)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah foto yang menunjukan risiko penyebaran virus corona atau COVID-19 di kereta rel listrik (KRL) beredar luas di masyarakat. Foto tersebut memperlihatkan data bahwa KRL dengan rute Jakarta-Depok-Bogor disebut memiliki potensi paling besar dalam penyebaran virus corona.

Salah satu penumpang bernama Nadine menuturkan, tidak terlalu khawatir meski beredar informasi yang menyebut KRL rute Jakarta-Depok-Bogor memiliki potensi paling besar dalam penyebaran virus corona. Menurut dia, informasi tersebut pun masih rancu.

Baca Juga

“Sebenarnya agak rancu kalau dibilang (potensi penyebaran virus corona) paling besar dari KRL. Kalau karena suspect (virus corona) tinggal di Depok, enggak make sense dibilang paling besar di KRL, karena kalau masalah kontak dengan orang Depok kan masih ada alat transportasi lain, seperti bus, MRT, dan yang lainnya. Jadi intinya penyebarannya bisa dari mana saja,” kata Nadine, Kamis (12/3).

Pegawai salah satu perusahaan asing di Jakarta Barat itu mengaku selalu menggunakan kereta dari Stasiun Bogor dan turun di Stasiun Karet untuk menuju kantornya. Nadine mengungkapkan, untuk mencegah dirinya tertular virus, dia melakukan tindakan preventif.