Ahad 15 Mar 2020 18:57 WIB

Peneliti Kanada Kembangkan Virus untuk Vaksin Anti-Corona

Peneliti mengembangkan partikel mirip virus Corona

Rep: Fergi Nadira/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.(CDC via AP, File)
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.(CDC via AP, File)

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Sekelompok peneliti di Kanada berhasil membuat terobosan baru untuk vaksin dalam mencegah virus korona tipe baru atau Covid-19 semakin meluas. Para peneliti mengambil langkah pertama dengan memproduksi partikel mirip virus dari coronavirus novel.

Perusahaan biofarmasi Medicago yang berbasis di Quebec, Kanada mengatakan, partikel seperti virus kini akan menjalani pengujian untuk keamanan, dan kemanjurannya. Perusahaan tersebut mengatakan, butuh waktu 20 hari untuk mencapai tahap ini dalam proses pengembangan vaksin.

Sementara itu, para peneliti di Ontario, di Pusat Ilmu Kesehatan Sunnybrook berkerja sama dengan University of Toronto mengumumkan pihaknya mengisolasi virus SARS-CoV-2, agen penyebab COVID-19. Berkat kolaborasi yang baik, tim tersebut dapat membiakkan virus dari dua spesimen klinis di fasilitas penahanan Level 3.

"Kami membutuhkan alat utama untuk mengembangkan solusi untuk pandemi ini. Sementara tanggapan langsung sangat penting, solusi jangka panjang datang dari penelitian esensial terhadap virus baru ini," kata ahli mikrobiologi dan dokter penyakit menular di Sunnybrook, Dr. Samira Mubareka dikutip website resmi Sunnybrook Research Institute, Ahad (15/3).