Selasa 17 Mar 2020 09:51 WIB

Bersepeda Bisa Cegah Penyebaran Corona, Kok Bisa?

Kegiatan bersepeda di New York mulai digalakkan di tengah pandemi corona.

Red: Muhammad Akbar
Bersepeda bisa hindari virus corona? Cover Jakarta Ramah untuk Bersepeda
Bersepeda bisa hindari virus corona? Cover Jakarta Ramah untuk Bersepeda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bersepeda bisa menjadi pilihan warga Jakarta dan kota lainnya di Indonesia untuk menghindari sebaran virus corona Covid-19, terutama dari kerumunan massa di transportasi umum. "Kegiatan bersepeda sebagai alat transportasi menjadi 'salah satu cara' untuk mencegah sebaran virus corona," kata Ketua Komunitas Bike2Work (B2W) Indonesia, Poetoet Soedarjanto, di Jakarta, Selasa (17/3).

Kegiatan bersepeda di tengah wabah pedemi corona mulai digalakkan oleh sejumlah masyarakat di dunia seperti New York, Amerika Serikat. Sebuah artikel menuliskan, masyarakat New York memilih bersepeda untuk menghindari sebaran virus corona dari kerumunan massa di transportasi publik.

Poetoet mengatakan, apa yang dilakukan masyarakat New York sangat bisa dilakukan di Jakarta dan ibu kota lainnya di Indonesia. "Sangat bisa. Kami (B2W) sudah mengampanyekan hal itu. Hanya saja, masyarakat kita saja yang malas (bersepeda)," kata Poetoet.

Poetoet mengatakan, bersepeda, selain menghindari kerumunan massa di satu tempat dalam satu waktu, akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, dia melanjutkan, bersepeda di tengah wabah yang merebak di dunia saat ini tentu dilakukan dengan cara berbeda, yakni menghindari kontak yang sangat dekat dengan orang lain.

Bersepeda bisa dilakukan tidak berbarengan dengan yang lain. Jarak antarpesepeda dijaga. Kemudian, saat berhenti, pesepeda tidak berkerumun.

"Yang harus menjadi perhatian adalah saya bukan orang yang berkompeten untuk menjabarkan hubungan corona dengan bersepeda. Namun, semua yang saya sampaikan lebih kepada upaya untuk mencegah. Jadi, mohon untuk tidak salah mengartikan," kata Poetoet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement