Selasa 17 Mar 2020 15:34 WIB

Aparat Sudah Kuasai Sebagian Kampung Sekitar Tembagapura

Kampung di sekitar Tembagapura sempat diduduki kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Red: Ratna Puspita
[Ilustrasi] Masyarakat asli Kimbeli dan Banti, Tembagapura, Mimika, Papua dievakuasi ke Gedung Emeneme, Timika, Papua.(Dok TNI)
Foto: Dok TNI
[Ilustrasi] Masyarakat asli Kimbeli dan Banti, Tembagapura, Mimika, Papua dievakuasi ke Gedung Emeneme, Timika, Papua.(Dok TNI)

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Kepala Kepolisian Resor Mimika AKBP I Gusti Gede Era Adhinata menyebut sejumlah perkampungan sekitar Kota Tembagapura kini sudah dikuasai oleh aparat gabungan TNI dan Polri. Lokasi itu sempat diduduki kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Sebagian sudah kita kuasai. Tentunya ada strategi lebih lanjut untuk segera mengamankan seluruh kampung-kampung di sekitar Tembagapura, khususnya Kampung Opitawak dan Banti. Kami tidak akan gegabah masuk ke sana untuk meminimalisasi jatuhnya korban dari aparat kita," kata AKP Era Adhinata.

Baca Juga

Kapolres mengatakan kawasan sekitar Polsek Tembagapura, termasuk Kampung Utikini yang selama ini sering kali menjadi lokasi persembunyian KKB untuk melakukan teror penembakan, sepenuhnya sudah dikuasai oleh aparat TNI/Polri. "Gunung-gunung yang ada di belakang Polsek Tembagapura itu sudah kita kuasai semuanya," ujarnya.

Kapolres mengatakan bahwa penegakan hukum terhadap KKB yang melakukan teror penembakan baru bisa dilakukan efektif setelah seluruh warga empat kampung sekitar Tembagapura, yaitu Kimbeli, Banti 1, Banti 2, dan Opitawak dievakuasi ke Timika lebih dari sepekan lalu. Awalnya, aparat fokus menguasai Kampung Utikini, lokasi penembakan.