Selasa 24 Mar 2020 21:14 WIB

Istilah Pemuda dan 4 Kategori Idealnya dalam Alquran

Alquran mengisyaratkan pemuda ideal yang dijadikan teladan.

Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, Jika kita membaca dan mempelajari Alquran, kita akan menemukan beberapa contoh pemuda yang memiliki karakter dan kepribadian yang tangguh serta menembus ruang dan waktu sehingga meskipun peristiwanya terjadi ribuan tahun yang lalu, tetap relevan dan up to date untuk dimunculkan pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Istilah pemuda di dalam Alquran adalah fatan (bentuk tunggal) dan fityah (bentuk jamak). Berikut ini klasifikasi pemuda dalam Alquran, sebagaimana dijelaskan Prof Didin Hafidhuddin: 

Pemuda Ibrahim

Baca Juga

Ibrahim sebelum diangkat menjadi nabi dikenal sebagai pemuda (fatan) yang gagah berani melawan segala bentuk kemungkaran dan kemusyrikan, tetapi dengan logika yang jernih dan nalar yang sehat. Seperti kisahnya di dalam menghancurkan berhala-berhala yang merupakan benda mati yang disembah oleh kaumnya.

Ketika Ibrahim ditanya siapa yang melakukan ini, ia menjawab dengan lantang, “Tanyakanlah hal ini pada berhala yang paling besar. Jika memang ia bisa berbicara.” Kemudian, mereka tertunduk tidak bisa menjawab karena memang berhala itu benda mati. Pada saat itulah, Ibrahim berkata kepada mereka, seperti dikemukakan dalam QS Al Anbiya [21] ayat 66-67.