Sabtu 28 Mar 2020 08:40 WIB

Tak Konsisten Karantina, Presiden Brasil Ejek Corona

Presiden Brasil Jair Bolsonaro menolak kebijakan karantina dan jaga jarak.

Rep: Puti Almas/ Red: Nur Aini
Presiden Brasil Jair Bolsonaro
Foto: AP Photo/Eraldo Peres
Presiden Brasil Jair Bolsonaro

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA — Pihak berwenang Brasil telah menetapkan aturan melarang semua warga asing nonresiden untuk memasuki negara itu melalui bandara internasional pada Jumat (27/3). Langkah itu dilakukan untuk memperlambat penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19). 

Larangan perjalanan Kementerian Kehakiman, yang diterbitkan dalam lembaran resmi Brasil, mulai berlaku pada Senin (30/3) mendatang. Aturan ditetapkan mengikuti langkah-langkah serupa di beberapa negara Amerika Selatan lainnya.

Baca Juga

Meski demikian, dilansir the Globe and Mail, saat bersamaan Presiden Brasil Jair Bolsonaro justru mendesak agar warga kembali bekerja seperti biasa. Ia tidak meminta masyarakat untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial sesuai anjuran untuk menghindari penyebaran wabah. 

Respons Brasil yang tidak konsisten dalam mengendalikan Covid-19 dilaporkan telah memicu perselisihan yang buruk antara presiden dan para gubernur negara bagian. Dalam sebuah pernyataan, Bolsonaro mengatakan ingin menjaga perekonomian negara itu tetap berjalan.