Selasa 31 Mar 2020 03:44 WIB

Dompet Dhuafa Siapkan Program Coronanomics Hadapi Covid-19

Ada tiga tahap yang harus dilakukan pada fase resesi saat pandemi corona

Rep: Fuji E Permana/ Red: Hiru Muhammad
Kelompok tani yang diinisiasi oleh PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM) Dompet Dhuafa. Tetap bekerja demi menghasilkan pangan yang sehat.
Foto: Dompet dhuafa
Kelompok tani yang diinisiasi oleh PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM) Dompet Dhuafa. Tetap bekerja demi menghasilkan pangan yang sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa sedang menyiapkan program coronanomics atau program ekonomi pemberdayaan bersekala keluarga yang dipicu  wabah virus corona atau Covid-19. Coronanomics juga dapat membantu masyarakat menghadapi karantina wilayah saat pandemi Covid-19.

Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tahap yang harus dilakukan pada fase resesi saat pandemi corona. Pertama, memastikan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat terutama di 14 hari kritis. Karena dinamika sosial akan menjadi lebih landai akibat proses karantina wilayah.

"Kita menyadari sumber daya yang terbatas ini tidak akan mampu mendukung dalam jangka waktu yang panjang agar masyarakat tetap memiliki bahan kebutuhan dasar, maka kita memilih bahan-bahan kebutuhan ini mana yang bisa diproduksi sendiri secara mandiri," kata Bambang kepada Republika, Senin (30/3).

Ia menjelaskan, maka di tahap kedua Dompet Dhuafa menyiapkan program coronanomics yang bisa disebut lingkaran ketangguhan pangan berbasis keluarga. Dompet Dhuafa mendorong masyarakat untuk menginisiasi bentuk-bentuk pertanian dan peternakan sederhana yang berbasis pekarangan sempit.