Adab Sahur Puasa Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 31 Mar 2020 19:52 WIB

Adab Sahur Puasa Ramadhan. Foto: Makan Sahur (ilustrasi) Foto: theworldandyouth.wordpress.com Adab Sahur Puasa Ramadhan. Foto: Makan Sahur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahur merupakan salah satu adab berpuasa yang kerap dilakukan umat Islam di Bulan Suci Ramadhan. Rasulullah Saw menjelaskan dalam hadits-nya bahwa pada sahur itu terdapat berkah, sehingga rugi jika melewatkannya.

Seperti diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw. bersabda: “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.”(HR Bukhari-Muslim)

Baca Juga

Saat makan sahur, umat Islam disunnahkan agar makan sahur dengan kurma atau makanan lain beserta kurma. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma”. (HR Abu Daud dan HR  Ibnu Hibban).

Namun, bagi umat Islam yang akan berpuasa di Bulan Ramadhan disunnahkan untuk mengakhirkan makan sahurnya. Diriwayatkan dari Anas, dari Zaid bin Tsabit, dia berkata: