Selasa 31 Mar 2020 23:28 WIB

Perlu Jaring Pengaman Sosial Masyarakat Terdampak Corona

DPR mengatakan perlu jaring pengaman sosial masyarakat terdampak corona.

Red: Bayu Hermawan
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fraksi PAN DPR RI Intan Fauzi menilai, pemerintah perlu segera membuat kebijakan-kebijakan jaring pengamanan sosial atau Social Safety Net yang diberikan kepada semua kelompok masyarakat terpapar pandemi Covid-19. Menurutnya, diperlukan satu basis data yang akurat atas masyarakat yang terdampak baik secara kesehatan maupun secara ekonomi.

"Pola bantuannya, disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat, baik dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) maupun dalam bentuk bantuan non-tunai lainnya," katanya di Jakarta, Selasa (31/3).

Baca Juga

Langkah itu menurutnya agar semua kelompok masyarakat bisa terbantu, prioritas utama kepada pekerja non-formal seperti pedagang gerobak keliling, kuli bangunan harian, sopir ojek maupun angkot, dan semua profesi informal lainnya. Dia mengatakan apalagi sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri sehingga masyarakat merindukan berpuasa Ramadhan dan Idul Fitri tanpa "hantu" Covid-19, dengan harapan rantai penyebaran virus terhenti.

"Intinya semua upaya harus kita lakukan untuk menyelamatkan kehidupan warga negara dan perekonomian nasional. Keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi, prinsip dasar salus populi suprema lex," ujarnya.