Cara Muslim di Dunia Siapkan Ramadhan dalam Bayang Covid-19

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 03 Apr 2020 16:20 WIB

Cara Muslim di Dunia Siapkan Ramadhan dalam Bayang Covid-19. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Cara Muslim di Dunia Siapkan Ramadhan dalam Bayang Covid-19. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan umat Muslim setiap tahunnya. Umat Muslim biasanya menyambut bulan berkah itu dengan penuh suka cita. Pasar biasanya ramai orang yang mempersiapkan Ramadhan dan undangan berbuka puasa bersama menjadi bagian penting ketika datang bulan suci itu.

Namun, Ramadhan tahun ini nampaknya berbeda. Dalam waktu kurang dari satu bulan menjelang Ramadhan yang dimulai pada 24 April 2020 mendatang, ketakutan akan ancaman virus corona menyelimuti masyarakat. Tradisi untuk berbuka puasa dan kumpul bersama keluarga tampaknya sulit dilakukan pada Ramadhan tahun ini.

Baca Juga

Saat ini, dunia dalam masa lockdown (karantina). Masjid-masjid ditutup dan bahkan kegiatan umrah di Arab Saudi juga dihentikan sementara. Sementara itu, wabah virus corona tidak menunjukkan tanda-tanda surut dalam waktu dekat. Meski tahun ini ibadah-ibadah di bulan Ramadhan kemungkinan tidak dilakukan di masjid, namun kondisi saat ini tidak menyurutkan umat Muslim untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci itu.

Seorang pengacara berbasis di Kuwait, Ahmed, misalnya, bersiap-siap dengan meluncurkan sebuah kelompok ibadah daring. Ia mengungkapkan, bahwa ibadah adalah pilar Islam sepanjang tahun. Akan tetapi, di bulan Ramadhan ibadah akan lebih istimewa.