Senin 06 Apr 2020 19:36 WIB

Aisyah, Istri Rasulullah yang Ditampakkan Malaikat

Pernikahan Rasulullah SAW dengan Aisyah terjadi setelah Khadijah wafat.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Aisyah, Istri Rasulullah yang Ditampakkan Malaikat.
Foto: Mgrol120
Aisyah, Istri Rasulullah yang Ditampakkan Malaikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum dinikahi Rasulullah SAW, rupanya Aisyah telah ditampakkan kepada Rasulullah SAW dua kali oleh malaikat. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Aisyah, Rasullah SAW mengatakan beliau pernah bermimpi melihat malaikat menyerahkan sesuatu kepadanya di balik sehelai sutra.

Saat Rasulullah SAW bertanya itu apa, malaikat menjawah itu adalah istrinya. Tatkala beliau membukanya, rupanya di baliknya adalah Aisyah.

Baca Juga

Ada sejumlah pendapat berbeda mengenai usia Aisyah saat menikah dengan Nabi Muhammad SAW. Sebagian pendapat menyebutkan Aisyah menikah dengan Rasulullah tiga tahun sebelum hijrah, saat ia berusia enam tahun. Namun, Rasulullah SAW mulai menggaulinya pada saat Aisyah berumur sembilan tahun.

Akan tetapi, KH. Moenawar Chalil dalam bukunya berjudul Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad Jilid 6 menyebutkan, pertunangan Nabi SAW dengan Siti Aisyah berlangsung di Makkah sebulan setelah pernikahannya dengan Saudah binti Zama'ah. Pada saat dipertunangkan, usia Aisyah baru tujuh tahun.