Selasa 07 Apr 2020 17:26 WIB

Layanan Meeting Conference Telkomsel Meningkat 443 Persen

Pengguna aplikasi belajar online meningkat lebih dari 5.404 persen.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat.
Foto: Antara/Olha Mulalinda
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pascapemerintah mengeluarkan imbauan bekerja dan belajar di rumah, Telkomsel mencatatkan kenaikan trafik komunikasi khususnya layanan broadband mencapai 16 persen. Tak hanya itu, penggunaan layanan meeting conference Telkomsel juga meningkat hingga 443 persen.

Menurut Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan imbauan dari Pemerintah RI untuk beraktifitas dari rumah, hingga kini Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi khususnya layanan broadband tertinggi mencapai 16 persen.

Baca Juga

Menurutnya, lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband secara keseluruhan tersebut juga didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5.404 persen.

Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus).

"Selain itu, terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443 persen," ujar Setyanto kepada wartawan, Selasa (7/4).

Sebelumnya, menurut Setyanto, sebagai bentuk dukungan untuk segmen pelanggan korporasi yang ingin terus produktif dalam menjalankan pekerjaan dari rumah, Telkomsel telah menghadirkan kemudahan proses bekerja secara daring melalui paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud. Layanan ini, untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.

"Sejak diluncurkan pertama kali pada bulan Januari 2020, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2.100 persen," katanya.

Telkomsel, kata dia, mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40 persen, dan Games Online meningkat sebesar 34 persen. Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal dan media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56 persen dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Sedangkan untuk layanan hiburan, kata dia, seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17 persen. Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Untuk mengantisipasi tingginya minat pelanggan dalam mengakses layanan MAXstream, Telkomsel telah menyediakan paket MAXstream Gala Plus, yang memungkinkan pelanggan dalam menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream.

Setyanto mengatakan, dalam memastikan kualitas jaringan yang prima di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat Covid-19, Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki. Yakni frekuensi 900, 1.800, 2.100, dan 2.300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.

 

Sebagai komitmen hadir berdampingan dengan Pemerintah RI, kata dia, Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI serta Satuan Gugus Tugas Covid-19, turut membantu dengan penyediaan layanan broadcast SMS untuk penyebaran informasi terkini yang berkaitan dengan himbauan serta edukasi guna meningkatkan pengetahuan dan kesadaraan masyarakat dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Seluruh upaya tersebut, menurut Setyanto, merupakan bentuk nyata komitmen Telkomsel untuk bergotong royong bersama seluruh pemangku kepentingan dan mitra strategis lainnya dalam memberikan layanan terdepan untuk masyarakat Indonesia. Kolaborasi tersebut juga diperkuat melalui gerakan program #DiRumahTerusMaju yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat khususnya pelanggan setia Telkomsel dalam menghadapi masa penuh tantangan ini. Telkomsel percaya, bersama kita akan lebih kuat dalam menjaga Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement