Selasa 07 Apr 2020 17:32 WIB

Lawan Covid-19, Muslim Iran Sulap Masjid Jadi Pabrik Masker

Masjid di Teheran Iran dimanfaatkan menjadi pabrik masker.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid di Teheran Iran disulap jadi pabrik masker dan APD Covid-19.
Foto: Dailymail.
Masjid di Teheran Iran disulap jadi pabrik masker dan APD Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN – Sebuah masjid di Teheran melakukan alih fungsi menjadi sebuah pabrik. Sukarelawan wanita yang biasanya mendatangi medan perang lama Iran-Irak telah bergabung dalam perang melawan Covid-19. 

Berbaris seperti pekerja pabrik, sekitar 15 wanita mengambil posisi di depan meja mesin jahit untuk menghasilkan masker wajah. Namun, alih-alih mengenakan baju terusan, mereka mengenakan baju gamis hitam. Mereka adalah anggota Basij, sukarelawan milisi yang setia pada pendirian Islam Iran. 

Baca Juga

Sebagai tanda dukungan terhadap Iran, salah satu negara yang paling parah dilanda pandemi Covid-19, hampir semua wanita ini mengenakan masker. "Kelompok kami biasanya pergi ke medan perang Iran-Irak setiap tahun untuk melayani pengunjung," ujar salah seorang sukarelawan pembuat masker, Fatemeh Saidi, dikutip Daily Mail, Selasa (7/4).  

Kelompok yang terdiri atas sekitar 40 wanita ini melakukan perjalanan setiap tahunnya ke medan perang pada 1980-1988. Lokasi ini kerap dikunjungi kaum muda selama liburan Tahun Baru Persia sebagai bagian dari pendidikan mereka.