Selasa 07 Apr 2020 20:20 WIB

Pasien Pertama Positif Covid-19 di Sukabumi Sembuh

Pasien 01 menjalani isolasi dan perawatan intensif di RSUD Sekarwangi, Cibadak.

Red: Andri Saubani
Sejumlah tempat keramaian Kota Sukabumi dipasang tempat cuci tangan atau wastafel umum untuk mencegah penyebaran Corona, Ahad (22/3)
Foto: republika/riga nurul iman
Sejumlah tempat keramaian Kota Sukabumi dipasang tempat cuci tangan atau wastafel umum untuk mencegah penyebaran Corona, Ahad (22/3)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pasien pertama (01) positif Covid-19 di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat akhirnya sembuh. Selama beberapa pekan terakhir, pasien 01 menjalani isolasi dan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, Cibadak.

"Alhamdulillah berkat perjuangan bersama khususnya tim medis, pasien 01 ini bisa dikatakan sembuh," kata Juru Bicara Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid di Sukabumi, Selasa (7/4).

Baca Juga

Namun demikian, pasien positif Covid-19 berjenis kelamin pria ini belum bisa dipulangkan karena baik tim medis maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi tidak ingin gegabah. Sebab, yang bersangkutan harus benar-benar sehat dulu dan dinyatakan negatif dari hasil pemeriksaan swab yang terakhir.

Selain itu, jika nantinya sudah pulang pasien ini masih diwajibkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari ke depan. Pasien itu juga harus menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin oleh petugas khusus agar kondisi tubuhnya semakin membaik.