Sabtu 11 Apr 2020 23:03 WIB

Tulisan Tangan Lagu Hey Jude The Beatles Terjual Rp 14 M

Lagu Hey Jude dirilis pada 1968,

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Muhammad Hafil
Tulisan Tangan Lagu <em>Hey Jude </em>The Beatles Terjual Rp 14 M. Foto: The Beatles.
Foto: VOA
Tulisan Tangan Lagu Hey Jude The Beatles Terjual Rp 14 M. Foto: The Beatles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lirik lagu "Hey Jude" hasil tulisan tangan langsung Paul McMartney telah terjual seharga 910 ribu dolar AS atau sekitar Rp 14,3 miliar. Single hit The Beatles yang dirilis tahun 1968 itu dilelang di rumah lelang Julien Auctions di New York, Jumat (10/4).

Acara lelang seharusnya berlangsung di Hard Rock Cafe di Times Square, namun kemudian dilelang secara daring karena merebaknya pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Hasil itu melesat jauh sembilan kali lipat dari perkiraan awal," demikian pernyataan rumah lelang dilansir NME, Sabtu (11/4).

Bagi pengamat musik, Jason Watskin, tulisan tangan McMartney untuk lagu "Hey Jude" sangat langka dan berharga. Karenanya, ia tak heran jika tulisan itu laku terjual sampai Rp 14,3 miliar.

Tak hanya tulisan tangan, ada beberapa barang The Beatles lain yang dilelang. Drumhead bass vintage dengan logo The Beatles yang digunakan selama tur pertama mereka ke Amerika Utara pada 1964, juga terjual dengan harga fantastis yakni 200 ribu dolar AS  atau sekitar Rp 3,1 miliar.

Barang lain yang dilelang adalah panggung kayu sederhana yang sempat digunakan The Beatles saat tampil di Liverpool, sebelum mereka terkenal. Panggung itu laku terjual seharga 25.600 dolar AS atau sekitar Rp 405 juta.

Lirik dan beberapa item tersebut ada di antara lebih dari 250 item memorabilia The Beatles yang dilelang untuk memperingati 50 tahun perpisahan band fenomenal tersebut.

Sebelumnya, Material World Foundation (MWF), yayasan milik gitaris bas The Beatles George Harrison telah menyumbangkan 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp 8,1 miliar untuk mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Dibentuk tahun 1960 di Liverpool Inggris, The Beatles sering dijadikan kiblat berbagai aliran musik di dunia. Lagu-lagu hit mereka seperti "She Love You", "From Me to You", "I Want To Hold Your Hand", "Can't Buy Me Love", "A Hard Days Night", "Here Comes The Sun" dan "Hey Jude" juga masih begitu nikmat didengarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement