Senin 13 Apr 2020 14:36 WIB

Syafaat Shalawat Nabi

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya pun bershalawat untuk Rasulullah SAW.

Red: Ani Nursalikah
Syafaat Shalawat Nabi
Foto: Mahmud Muhyidin
Syafaat Shalawat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (Karena) sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya pun bershalawat untuk Rasulullah SAW." (QS Al-Ahzab:56). Ketika sampai di Makkah pada satu musim haji, rombongan Imam Abu Tsaur atau yang dikenal dengan sebutan Syekh Sufyan Ats-Tsauri langsung melakukan tawaf qudum, yaitu tawaf untuk jamaah yang baru datang di Tanah Suci.

Namun, saat tawaf berlangsung, di samping Syekh Sufyan ada pemuda yang selalu membaca shalawat. Mulai dari putaran pertama hingga selesai, pemuda itu terus membaca shalawat.

Baca Juga

Hal itu membuat Syekh Sufyan terheran-heran; bukankah dalam tawaf orang harus membaca doa yang lainnya. Beberapa saat kemudian, Syekh Sufyan pun mencoba menanyakan kepada pemuda itu ihwal bacaan shalawat yang terus-menerus ia baca.

Bukankah dalam tawaf tak hanya shalawat saja yang mesti dibaca? Mendapat pertanyaan tersebut, pemuda itu membenarkan dirinya memang membaca terus shalawat Nabi.