Selasa 14 Apr 2020 16:48 WIB

Jubir Covid-19 Pasuruan: Seorang Pasien PDP Meninggal

Pasien itu masih dinyatakan negatif saat rapid test dan hasil swabnya belum keluar.

Red: Andi Nur Aminah
Pasien meninggal (ilustrasi)
Foto: www.123rf.com
Pasien meninggal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PASURUAN -- Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 warga Prigen, Pasuruan, Jatim yang dirawat di RSUD Bangil, Pasuruan, meninggal dunia, Selasa (14/4) sekitar pukul 06.00 WIB. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan pasien tersebut masih dinyatakan negatif saat rapid test dan hasil swabnya belum keluar.

"Oleh karenanya, terhadap pasien yang meninggal dunia itu, petugas medis tetap melaksanakan proses pemulasaran jenazah sesuai protap terhadap jenazah Covid-19," katanya dalam keterangan pers.

Baca Juga

Ia mengemukakan, penanganan pemulasaran jenazah sesuai dengan protap terhadap jenazah Covid-19 sebagai antisipasi apabila terjadi perubahan informasi dari hasil swab. "Jenazah sudah diperlakukan sebagaimana mestinya sebagai orang Muslim. Ya dimandikan, disucikan, dikafani. Dan untuk mengantisipasi besar kecil kemungkinan ada perubahan dari hasil swab, maka petugas menerapkan protokol kesehatan yang sama dengan jenazah Covid-19. Supaya kalaupun ternyata mengarah ke positif, kami tidak was-was," katanya.

Menurutnya, jenazah telah diberangkatkan menuju lokasi pemakaman setempat dan mulai dari pemberangkatan hingga pemakaman, Gugus Tugas Covid-19 bersama dengan TNI POLRI hingga alim ulama senantiasa mendampingi. Utamanya, dalam rangka memberikan pemahaman kepada warga sekitar apabila ada yang bertanya seputar tata cara pemakaman jenazah.