Rabu 15 Apr 2020 15:40 WIB

UAS Lawan Dampak Covid Lewat Masjid

Ketua DMI Jusuf Kalla mengimbau masjid berupaya menghidupi warga pada masa pandemi.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Fitriyan Zamzami
Ustadz Abdul Somad
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ustadz Abdul Somad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid-masjid didorong memainkan peran menahan dampak perekonomian pandemi Covid-19 terhadap warga miskin. Terkait hal itu, dai ternama Ustadz Abdul Somad (UAS) menuturkan apa yang ia lakukan bersama warga dan pengurus masjid di lingkungannya.

UAS yang juga merupakan ketua masjid di lingkungannya menganjurkan pada jamaah yang mampu mengumpulkan dana untuk dibelikan paket bantuan. Ia mencontohkan, di lingkungan masjidnya, jamaah dianjurkan menyisihkan dana Rp 300 ribu untuk membeli berbagai kebutuhan dalam paket.

“Kita patok Rp 300 ribu. Isinya beras 30 kilogram, gula, kopi, teh, dan lainnya yang dibagikan dalam tiga tahap,” kata UAS saat melakukan diskusi jarak jauh dengan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kala (JK), Selasa (14/4) malam. 

UAS melanjutkan, tahap pertama dibagikan pada 10 April lalu untuk persiapan Ramadhan. Sementara itu, tahap kedua, dia melanjutkan, dilakukan pada 10 Mei nanti sebagai persiapan menyambut Idul Fitri. “Tahap ketiga dilakukan pada 10 Juni andai wabah ini berlanjut. Itu sebagai langkah antisipasi,” kata UAS.