Kamis 16 Apr 2020 05:21 WIB

Hindia Belanda Kalah Melawan Wabah

Penanganan wabah di Nusantara masa Hindia Belanda terbilang kacau balau.

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Karta Raharja Ucu
Petugas kolonial memberikan pengobatan terkait mewabahnya pes.
Foto: pinterest
Petugas kolonial memberikan pengobatan terkait mewabahnya pes.

REPUBLIKA.CO.ID, Pandemi virus Covid-19 meneror dunia, termasuk rakyat Indonesia. Penyebaran virus yang tak terbendung itu membuat negara panik, karena harus melawan virus yang tak berwujud. Namun, apakah wabah virus seperti ini baru pertama kali terjadi di Indonesia? Republika mencoba menelusuri catatan sejarah wabah yang pernah melanda Nusantara. Sejarawan JJ Rizal yang menjadi teman diskusi kami, merawikan sejumlah wilayah Nusantara sudah beberapa kali dilanda wabah penyakit.

Lewat sambungan telepon, JJ Rizal merunutkan sejumlah wabah penyakit di Indonesia. Pertama wilayah yang pernah diserang wabah adalah Kota Batavia. Kota yang dibangun JP Coen itu sempat terkena wabah malaria dan kolera.

Baca Juga

Dilansir dari buku saku penatalaksanaan kasus malaria, terbitan 2017, malaria adalah parasit Plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina. Malaria dikenal lima macam jenis, yakni Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, Plasmodium malariae dan Plasmodium knowlesi. Parasit yang terakhir disebutkan ini belum banyak dilaporkan di Indonesia.

Baca Juga: Sunan Gunung Jati Usir Wabah di Cirebon dengan Azan Pitu