REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 telah memaksa banyak orang untuk lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Toyota menjawab keterbatasan mobilitas pelanggan dengan hadirnya saluran layanan komunikasi terlengkap guna memberikan kemudahan akses bagi pelanggan dalam mendapatkan informasi produk, teknologi, hingga layanan servis.
Upaya Toyota dalam menghadirkan saluran komunikasi terlengkap mendapatkan apresiasi. Setelah berhasil meraih predikat sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat dengan layanan contact center terbaik di ajang Contact Center Service Excellence Award 2020.
Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, menyebutkan menyebarnya wabah Covid-19 mendorong Toyota untuk menghadirkan semangat #ToyotaAdaUntukAnda. Salah satunya dengan memaksimalkan berbagai platform customer care yang dimiliki saat ini guna memberikan Beyond Service dan Peace of Mind bagi pelanggan.
“Melalui program #ToyotaAdaUntukAnda kami ingin menyampaikan pesan dan mengajak rakyat Indonesia untuk mempunyai semangat yang kuat dalam memerangi wabah Covid-19. Kami mempunyai channel layanan pelanggan yang lengkap untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan di tengah kondisi saat ini,” ujar Henry dalam keterangan tertulisnya belum lama ini.
Saluran komunikasi yang dapat diutilisasi pelanggan antara lain chatbot Toyota yaitu layanan Toyota Interactive Virtual Assistant yang dihadirkan untuk dapat memberikan informasi terbaru dari Toyota kepada pelanggan. Melalui Chatbot Toyota para pelanggan bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai produk, tips perawatan terbaik, program penjualan, dan berbagai hal lainnya. Layanan ini dapat diakses melalui Facebook Messanger, LINE, dan Whatsapp.
Selain itu, untuk layanan digital Toyota juga menyediakan aplikasi mTOYOTA yang merupakan aplikasi mobile yang memiliki tiga aspek keunggulan dengan mengutamakan personalization, one stop service, dan engagement. Aplikasi ini dapat di download melalui Google Playstore dan Apple Appstore.
Pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan komunikasi melalui berbagai platform social media di Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan di Youtube ToyotaIndonesia.
Pelanggan juga dapat menghubungi atau berinteraksi dengan Toyota lewat fasilitas lainnya. Mulai dari pelanggan yang datang langsung ke dealer resmi Toyota, maupun secara online mulai dari call centre Toyota yang beroperasi 24 jam di nomor telepon 1500315 atau melalui email: [email protected].
“Total Ownership Experience menghadirkan kepuasan pelanggan menyeluruh dimulai dari proses pencarian informasi, pembelian, hingga aftersales. Komitmen tersebut terefleksi dari produk maupun program yang dihadirkan Toyota,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.