Ahad 19 Apr 2020 15:53 WIB

Alasan Mengapa Kita Dianjurkan Minta Perlindungan Allah SWT 

Meminta perlindungan kepada Allah SWT bentuk penghambaan.

Red: Nashih Nashrullah
Meminta perlindungan kepada Allah SWT bentuk penghambaan.  Ilustrasi berdoa
Foto: Dok Istimewa
Meminta perlindungan kepada Allah SWT bentuk penghambaan. Ilustrasi berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, Hakikat permintaan perlindungan (isti'adzah) hanya akan diperoleh seseorang yang mengetahui dirinya dan Tuhannya. Seseorang yang tidak memiliki pengetahuan akan kebesaran Tuhannya dan kelemahan dirinya sebagai manusia, maka dia tidak pantas untuk memohon perlindungan Allah SWT. Hal itu karena manusia itu dinilai berdasarkan salah satu dari dua hal yang ada pada dirinya, yaitu ilmu atau perbuatannya.

Orang yang tidak memiliki pengetahuan akan kebesaran Tuhannya dan kelemahan dirinya sebagai manusia, tidak mungkin mampu melakukan sesuatu yang menunjukkan ketundukannya pada Tu han nya. Iniartinya orang tersebut tidak berilmu dan tidak beramal karena tanpa ilmu tentu amal akan kehilangan makna.

Baca Juga

Mengapa manusia perlu memohon perlindungan Allah dari kesalahan, godaan setan, dan sebagainya? Hal itu karena manusia tidak bisa hanya berpegang pada fitrah kemanusiaannya atau kepada hukum alam semata.

Manusia butuh perlindungan dari Tuhannya dari hal-hal yang tidak diinginkannya. Betapa banyak ulama dan cendekiawan yang tidak mampu memecahkan persoalannya sepanjang hi dup mereka menjadi contoh dalam hal ini.