Dari WHO untuk Muslim Saat Ramadhan

Rep: Fuji E Permana/ Red: Sadly Rachman

Senin 20 Apr 2020 18:02 WIB

Kebutuhan nutrisi untuk kesehatan (ilustrasi)

Foto: shutterstock
WHO mengeluarkan pedoman bagi umat Islam untuk menyambut Ramadhan saat pandemi.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pedoman bagi umat Islam untuk menyambut Ramadhan dengan aman saat pandemi virus corona atau Covid-19. Pedoman ini dibuat untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua orang.

Dengan mematuhi aturan yang disetujui WHO, masyarakat dapat menenangkan pikiran dan yakin mereka masih dapat melaksanakan puasa Ramadhan dengan aman tanpa membahayakan kesehatan mereka atau kesehatan orang lain. Berikut pedoman dari WHO untuk Muslim saat Ramadhan, dilansir di Gulf News, Ahad (19/4).

Umat Islam harus memperhatikan protokol kesehatan tentang menjaga jarak fisik satu sama lain saat membayar dan membagikan sedekah atau zakat. Hindari kerumunan dan jangan membuat kerumunan saat memberikan sedekah dan zakat.

Acara buka puasa bersama jangan membuat orang berkerumun. Pertimbangkan untuk menggunakan kotak makanan agar setiap orang tetap menjaga jarak fisik satu sama lain. Perhatikan jarak fisik saat melakukan pengumpulan, pengemasan, penyimpanan, dan distribusi makanan.