Selasa 21 Apr 2020 13:08 WIB

Eross 'Sheila on 7' Ciptakan Banyak Lagu Selama Karantina

Meski jenuh, Eross mencoba tetap produktif selama karantina.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Meski jenuh, Eross Chandra mencoba tetap produktif selama karantina (Foto: Eross Chandra bersama grup bandnya Sheila on 7)
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Meski jenuh, Eross Chandra mencoba tetap produktif selama karantina (Foto: Eross Chandra bersama grup bandnya Sheila on 7)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski mengaku jenuh, namun ternyata momentum karantina membuat gitaris grup band Sheila on 7 Eross Candra kian produktif. Musisi asal Yogyakarta itu mengaku bisa menciptakan banyak lagu selama menjalani karantina. Hal itu ia ungkap saat berbincang dengan Mira Lesmana dalam live Instagram di akun @milesfilms pada Senin (20/4).

“Sudah ada banyak lagu, materi lagu, yang dibikin. Sampai kadang-kadang setelah selesai, lega gitu. Dan memang karantina ini untuk kreativitas bagus ya,” kata Eross yang memang dikenal paling aktif mencipta lagu di grup band Sheila On 7.

Baca Juga

Namun begitu, karena merasa memiliki banyak waktu, Eross mengaku sering “membuang” karyanya secara cuma-cuma. Misalnya, kata dia, belum lama ini dia membagikan materi musiknya di laman Instagram.

Ya cuma memang dari segi pendataan agak kacau. Pernah aku bikin musik durasinyasatu menit, ya udah aku share aja di Instagram. Padahal kalau di hari biasa, ide satu menit itu bisa jadi satu lagu full,” kata Eross.

Dalam proses kreatif mencipta lagu, Eross mengaku tak memiliki rumus atau format khusus. Ia bisa menciptakan lagu dengan bermula dari nada, lirik, atau hal-hal lain. Namun begitu, saat ini ia lebih sering mencipta lagu dimulai dari sebuah tema atau tren. Menurut dia, membuat lagu dari sebuah tema terkesan lebih menantang.

Lagu berjudul “Film Favorit” yang dirilis Sheila On 7 pada 2018 lalu, menjadi salah satu lagu yang bermula dari tema khususnya terkait film. Kala itu, Eross melihat bahwa tren film Indonesia semakin hari semakin berkualitas.

Tembang "Film Favorit" sendiri, bercerita tentang laki-laki yang akan memperjuangkan cintanya sesuai dengan kisah di film favorit dia. Lagu itu pun berhasil menyabet dua penghargaan bergensi, yaitu Indonesian Choise Award untuk Song of The Year dan AMI Award untuk Pencipta Lagu Pop Terbaik.

“Bukan lagi tantangan buat aku kalau membuat lagu yang menceritakan aku suka kamu, kamu suka aku. Jadi aku coba sekarang mulai dari temanya,” kata Eross.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الْمُخَلَّفُوْنَ اِذَا انْطَلَقْتُمْ اِلٰى مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوْهَا ذَرُوْنَا نَتَّبِعْكُمْ ۚ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يُّبَدِّلُوْا كَلٰمَ اللّٰهِ ۗ قُلْ لَّنْ تَتَّبِعُوْنَا كَذٰلِكُمْ قَالَ اللّٰهُ مِنْ قَبْلُ ۖفَسَيَقُوْلُوْنَ بَلْ تَحْسُدُوْنَنَا ۗ بَلْ كَانُوْا لَا يَفْقَهُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Apabila kamu berangkat untuk mengambil barang rampasan, orang-orang Badui yang tertinggal itu akan berkata, “Biarkanlah kami mengikuti kamu.” Mereka hendak mengubah janji Allah. Katakanlah, “Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami. Demikianlah yang telah ditetapkan Allah sejak semula.” Maka mereka akan berkata, “Sebenarnya kamu dengki kepada kami.” Padahal mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali.

(QS. Al-Fath ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement