Selasa 21 Apr 2020 14:21 WIB

Sejumlah Syarat untuk Menjadi Imam Sholat Berjamaah

Ada beberapa kriteria siapa yang berhak menjadi imam sholat berjamaah.

Red: Muhammad Hafil
Sejumlah Syarat untuk Menjadi Imam Sholat Berjamaah. Foto: Sholat berjamaah (Ilustrasi).
Foto: Foto : MgRol_94
Sejumlah Syarat untuk Menjadi Imam Sholat Berjamaah. Foto: Sholat berjamaah (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menyebutkan, jumlah minimal sholat berjamaah adalah dua orang. Satu orang menjadi imamnya, dan orang satunya menjadi makmum.

Lalu, Syekh Abu Bakar menuliskan tentang syarat-syarat dan siapa yang berhak menjadi imam sholat berjamaah. Untuk syarat-syaratnya, di antaranya yaitu laki-laki, adil, dan faqih. Jadi, tidak sah wanita menjadi imam bagi laki-laki.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi yang menyebutkan, "Janganlah sekali-sekali wanita dan orang berdosa menjadi imam bagi orang beriman, kecuali jika ia memaksa dengan kekuasaan, atau cambuknya dan pedangnya yang ditakuti." (HR Ibnu Majah).

Berdasarkan hadits ini, masih dalam tulisan Syekh Abu Bakar, wanita bisa saja menjadi imam. Namun, bagi wanita-wanita atau anak-anak.

Kemudian, Syekh Abu Bakar menuliskan siapa yang paling berhak menjadi imam shalat? Dia menuliskan orang yang paling berhak menjadi imam adalah orang yang paling ahli tentang Alquran, kemudian paling tahu tentang agama Allah, kemudian orang yang paling besar ketakwaannya. Selanjutnya, orang yang paling tua usianya, karena Nabi Muhammad bersabda:

"Orang yang berhak mengimami manusia ialah orang yang paling tahu (qari) tentang kitabullah. Jika bacaan mereka sama, maka siapa yang paling tahu tentang sunah. Jika pengetahuan mereka terhadap sunah sama saja, maka siapa di antara mereka yang paling dulu hijrah. Jika hijrah mereka sama, maka siapa di antara mereka yang paling tua usianya." (HR Muslim).

Selama tidak ada penguasa di antara jamaah, dan tidak ada tuan rumah, maka orang yang memiliki kriteria di atas berhak menjadi imam daripada orang lain. Karena, Nabi bersabda:

"Janganlah sekali-kali seseorang mengimami orang lain di rumahnya dan mengimami penguasa kecuali dengan izinnya."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement