Selasa 21 Apr 2020 16:52 WIB

Mentan SYL Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke 11 Negara

Mentan menegaskan ekspor pertanian disaat Covid-19 harus bisa lebih menggeliat

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian yang dihasilkan para petani Sulawesi Utara ke 11 negara.
Foto: Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian yang dihasilkan para petani Sulawesi Utara ke 11 negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor komoditas pertanian yang dihasilkan para petani Sulawesi Utara (Sulut) ke 11 negara. Total nilai ekspor sebesar Rp 124,7 miliar.

Komoditas yang diekspor yakni rempah pala biji, bunga pala, kelapa serabut, kelapa parut, serta minyak sawit yang menjadi komoditas mentah andalan. Adapun, tujuan ekspor yakni ke Belanda, Vietnam, China, Italia, Republik Ceko, Mesir, Jerman, Latvia, Rusia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

"Di saat Covid-19 seperti ini, kita buktikan bahwa pertanian itu tidak boleh berhenti. Kita tidak boleh kehilangan kesempatan untuk siapkan pangan," kata Syahrul dalam siaran pers, Selasa (21/4).

Pihaknya mengapresiasi para petani dan pelaku usaha agribisnis di Sulut yang tetap aktif mengekspor rempah-rempah Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19. Sebagaimana diketahui, Sulut menjadi salah satu daerah penghasil rempah-rempah pala terbaik dan dikenal dunia.