Selasa 21 Apr 2020 22:51 WIB

John Lennon Inspirasi Musik Eross 'Sheila on 7'

Eross mengaku mengagumi John Lennon sejak kecil.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
(Foto: gitaris band Sheila on 7, Eross Chandra)
Foto: Instagram @sheilaon7official
(Foto: gitaris band Sheila on 7, Eross Chandra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vokalis The Beatles, John Winston Lennon, merupakan salah satu musisi terbaik dan berpengaruh di dunia. Bahkan banyak musisi tanah air yang menjadikan sosok John Lennon sebagai inspirasi bermusik, salah satunya yaitu gitaris grup band Sheila On 7, Eross Candra.

Dalam obrolan bersama Mira Lesmana dalam live Instagram di akun @milesfilms, Eross menilai John Lennon sebagai musisi yang jenius dan telah banyak menginspirasi perjalanan karir bermusiknya. Benar saja, selama hampir 23 tahun berkecimpung di industri musik, Eross memang dikenal sangat piawai mengekspresikan emosi lewat lirik lagu seperti halnya John Lennon.

Baca Juga

“Aku sangat tergila-gila memang sama John Lennon, dulu bahkan apa-apa itu ke John Lennon. Tapi kalau sekarang, karena sudah lebih dewasa jadi lebih bijaksana aja (mencurahkan kekagumannya),” kata Eross.

Musisi asal Yogyakarta ini mengisahkan, awal perkenalannya dengan The Beatles sudah dimulai sedari kecil. Kebetulan kala itu, ibu dan pamannya merupakan penggemar band asal Inggris tersebut, walhasil tembang-tembang The Beatles sering diputar di rumahnya.

Kemudian ketika tahun 1970 The Beatles bubar dan masing-masing personel memilih bersolo karir, Eross mengaku lebih menyukai warna dan karakter musik John Lennon. Sebab itulah, hingga kini John Lennon kerap dijadikan kiblatnya dalam bermusik.

“Seperti fans The Beatles lainnya saat band itu bubar para fans pada kebagi tuh, ada yang tetap mengagumi The Beatles, ada yang berubah jadi menyukai John Lennon, dan ada yang menggemari Paul McCartney. Aku sendiri lebih suka John Lennon,” kata Eross.

Lagu ciptaan Eros berjudul “Cahaya Bulan” yang menjadi soundtrack film Gie arahan sutradara Riri Riza adalah satu dari sekian lagu yang terinspirasi dari John Lennon. Lagu “Cahaya Bulan” mengingatkan kita kepada lagu “Across The Universe” yang sangat personal bagi John, mengingat lagu itu lahir dari meditasi John Lennon dengan guru-guru spiritualnya.

Sementara film 'Gie' dirilis pada Juli 2005. Film yang diangkat dari buku Catatan Seorang Demonstran karya Soe Hoek Gie ini menceritakan tentang seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement